Optimalisasi RAM di Sistem 32 Bit

Anda mungkin mengharapkan performa yang lebih, ketika membeli sebuah PC atau notebook dengan memory yang besar. Misalnya PC dengan RAM 4 Gb. Dengan asumsi semakin besar memory yang digunakan PC anda aplikasi aplikasi yang anda butuhkan dapat bekerja lebih maksimal. Apalagi sekarang harga memory yang ditawarkan semakin terjangkau. RAM dengan kapasitas besar sekarang bukanlah barang mahal.
Akan tetapi setelah Operating sistemnya ( Microsoft atau Linux ) di Install  sistem hanya mendetekasi kapasitas RAM hanya 3 GB. Padahal secara fisik anda membeli Memori sebesar 4 GB.
Pertanyaanya, kemana sisa memori saya. Mungkin buru buru anda akan mengkalim ke toko tempat anda membeli RAM tersebut. Bahwa barang yang anda beli tidak sesuai dengan yang dapatkan.
Anda tetap mendapatkan RAM dengan memori 4 GB seutuhnya. Bisa langsung di cek pada system di BIOS. Tapi pada operating sistem 32 Bit ( X86) maksimum hanya dapat mendeteksi RAM sebesar 3 GB. Tapi di sistem 64 Bit bisa lebih.
Solusinya , anda tidak harus migrasi Operating sistem ke 64 Bit. Selain harus ,mengeluarkan biaya lebih untuk sistem 64 Bit, juga masih banyak aplikasi yang belum berjalan sempurna di sistem tersebut. Kalau mau sedikit klak-klik anda bisa memaksimalkan RAM anda yang 4 Gb di system 32 Bit…. Begini Caranya:
Aktifkan mode PAE pada Windows XP
Klik kanan pada My Computer dan pilih “Properties”
Buka tab Advanced dan di bawah tab Startup and Recovery, di Settings dan klik “Edit”
Ini akan membuka notepad yang berisi file boot.ini.
Dibawah tulisan “[operating systems]” tertulis baris: multi
(0) disk (0) rdisk (0) partition (2) \ WINDOWS = “Microsoft Windows XP”
/ noexecute = OptIn / fastdetect coba ubah menjadi:
multi (0) disk (0) rdisk (0) partition (1) \ WINDOWS = “Microsoft
Windows XP” / noexecute = OptIn / PAE
Simpan file tadi dan keluar.
Aktifkan mode PAE pada Windows Vista
Tekan Windows key + R, kemudian ketikan cmd terus tekan enter
Tekan Ctrl + Shift + Enter untuk mengeksekusi prompt sebagai administrator
Enter command Bcdedit / Set SAP forceenable dan tekan enter.
Aktifkan mode PAE pada Linux Ubuntu
Buka terminal/konsol dan jalankan perintah untuk install sebuah kernel PAE: sudo apt-get update sudo sudo apt-get install
linux-headers-server linux-image-server linux-server
Setelah installasi, restart system dengan new kernel yang baru: sudo reboot
Dengan prosedur tadi semestinya komputer anda bisa mengenali RAM yang lebih dari 4 GB.
Selamat Mencoba…..

Optimalisasi RAM di Sistem 32 BitAnda mungkin mengharapkan performa yang lebih, ketika membeli sebuah PC atau notebook dengan memory yang besar. Misalnya PC dengan RAM 4 Gb. Dengan asumsi semakin besar memory yang digunakan PC anda aplikasi aplikasi yang anda butuhkan dapat bekerja lebih maksimal. Apalagi sekarang harga memory yang ditawarkan semakin terjangkau. RAM dengan kapasitas besar sekarang bukanlah barang mahal.Akan tetapi setelah Operating sistemnya ( Microsoft atau Linux ) di Install  sistem hanya mendetekasi kapasitas RAM hanya 3 GB. Padahal secara fisik anda membeli Memori sebesar 4 GB.Pertanyaanya, kemana sisa memori saya. Mungkin buru buru anda akan mengkalim ke toko tempat anda membeli RAM tersebut. Bahwa barang yang anda beli tidak sesuai dengan yang dapatkan.Anda tetap mendapatkan RAM dengan memori 4 GB seutuhnya. Bisa langsung di cek pada system di BIOS. Tapi pada operating sistem 32 Bit ( X86) maksimum hanya dapat mendeteksi RAM sebesar 3 GB. Tapi di sistem 64 Bit bisa lebih.Solusinya , anda tidak harus migrasi Operating sistem ke 64 Bit. Selain harus ,mengeluarkan biaya lebih untuk sistem 64 Bit, juga masih banyak aplikasi yang belum berjalan sempurna di sistem tersebut. Kalau mau sedikit klak-klik anda bisa memaksimalkan RAM anda yang 4 Gb di system 32 Bit…. Begini Caranya:
Aktifkan mode PAE pada Windows XPKlik kanan pada My Computer dan pilih “Properties”Buka tab Advanced dan di bawah tab Startup and Recovery, di Settings dan klik “Edit”Ini akan membuka notepad yang berisi file boot.ini. Dibawah tulisan “[operating systems]” tertulis baris: multi(0) disk (0) rdisk (0) partition (2) \ WINDOWS = “Microsoft Windows XP”/ noexecute = OptIn / fastdetect coba ubah menjadi:multi (0) disk (0) rdisk (0) partition (1) \ WINDOWS = “MicrosoftWindows XP” / noexecute = OptIn / PAESimpan file tadi dan keluar.
Aktifkan mode PAE pada Windows VistaTekan Windows key + R, kemudian ketikan cmd terus tekan enterTekan Ctrl + Shift + Enter untuk mengeksekusi prompt sebagai administratorEnter command Bcdedit / Set SAP forceenable dan tekan enter.
Aktifkan mode PAE pada Linux UbuntuBuka terminal/konsol dan jalankan perintah untuk install sebuah kernel PAE: sudo apt-get update sudo sudo apt-get installlinux-headers-server linux-image-server linux-serverSetelah installasi, restart system dengan new kernel yang baru: sudo rebootDengan prosedur tadi semestinya komputer anda bisa mengenali RAM yang lebih dari 4 GB.

Selamat Mencoba…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: